logo

bg-h4-whiteKolumnis


Jumat, 08 Nov 2019 | 10:20

"Kami Tahu Sejak Awal Bahwa Mario Punya Potensi yang Bagus"

Penulis : Ari Pit Stop
img1

img1

ARIPITSTOP

Fabrizio Brutti, kepala kru Mario Suryo Aji di Moto3, menilai musim pertamanya di Eropa bersama Astra Honda Racing Team dan membeberkan langkah-langkah selanjutnya dalam proses pengembangannya.

Akhir pekan ini, Mario Suryo Aji akan menjalani putaran terakhir Moto3 Junior World Championship untuk mengenang rekan satu timnya, Afridza Munandar, yang meninggal akhir pekan lalu akibat kecelakaan saat balapan di Sepang International Circuit, Malaysia. Sebelum tragedi tersebut, Fabrizio Brutti merefleksikan musim balap pertama Mario Suryo Aji di Eropa. Fabrizio menyoroti karakter yang bagus dan kemampuan untuk membalap dengan cepat dari pebalap muda ini, sesuatu yang langsung bisa dilihat oleh tim. Setelah satu musim yang sudah dijalani sejauh ini dengan tiga kali finis 10 besar dari lima kali dia menyelesaikan balapan, Brutti kini menargetkan Mario bisa finis lima besar, sekaligus mengurangi jumlah jatuhnya di balapan FIM CEV.

Dengan Afridza masih di dalam hati dan pikiran, Mario akan melanjutkan pengembangannya pada putaran terakhir Moto3 Junior World Championship 2019 di Valencia akhir pekan ini, sekaligus menutup musim pertamanya yang memuaskan di Eropa.

Bagaimana Anda melihat dia sebagai individu?
“Dia masih muda, dari Asia, dari Indonesia, dengan level edukasi yang sangat tinggi. Itu sudah jelas. Dia sangat baik, begitu juga dengan orang lain. Dia sangat ramah, begitu juga dengan tim. Dia benar-benar anak yang baik.”

Bagaimana Anda melihat Mario sebagai pebalap?
“Dia sangat terus terang dan ketika memiliki masalah akan ngomong, dan ketika tidak ada masalah, dia tidak akan bilang apa-apa. Sudah tentu bagi mekanik, bagi saya, jauh lebih mudah untuk bekerja seperti ini, karena ketika pebalap berhenti dan turun dari motor lalu berkata, ‘Saya kesulitan di tikungan ini di bagian ban belakang’ akan lebih mudah buat kami untuk mencari solusi. Dalam hal ini, dia sangat bagus.”

Ini merupakan musim pertama Mario di FIM CEV. Apa target Anda bersama dia?
“Target selalu sulit untuk dikatakan. Mereka datang ke sini, dengan motor berbeda, level persaingan jauh lebih tinggi, begitu juga dengan treknya. Jadi, target pada tahun pertama selalu soal belajar. Lalu pada tahun kedua targetnya adalah soal hasil balapan.”

Selama musim ini, apa dari dia yang paling berkembang?
“Sudah tentu pemahaman motor. Karena motor berbeda dengan yang dia pakai sebelumnya di Idemitsu Asia Talent Cup. Motor di sini jauh lebih… bukan soal sulit untuk melakukan setup, tetapi kamu punya pilihan jauh lebih banyak, dan terkadang jadi sangat mudah untuk melakukan kesalahan. Sekarang dia mengerti bagaimana motor bekerja, apa yang dia suka, dan kami berusaha di bagian itu.”

Apa tantangan yang paling sulit?
“Hal paling sulit adalah level persaingan, karena sebenarnya level di sini hampir sama dengan di Moto3 World Championship. Ada sekitar 20 motor pabrikan di lintasan, dan kamu tidak punya motor yang jauh lebih cepat dibanding pebalap lain. Masalahnya adalah bagaimana mengatur saat sesi kualifikasi, ban yang harus kamu pilih dan itu tidak gampang, serta bagaimana menghadapi tekanan. Ini merupakan bagian yang paling sulit.”

“Dia sudah membuat langkah besar sejak di Aragon dan langkah berikutnya adalah terus lebih cepat, untuk memangkas selisih dari lima pebalap tercepat.”


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

ARIPITSTOP
aripitstop.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 26/10/2016 08:33

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter