logo

bg-h4-whiteKolumnis


Jumat, 20 Nov 2020 | 15:07

Kenalan Sama SM Classic, Kembali ke Nuansa Jadul

Penulis : Ari Pit Stop
img1

img1

ARIPITSTOP

SM Classic satu produk dari SM Sport ini langsung menggoda pandangan saya ketika berkesempatan mengunjungi pabrik perakitan PT MForce Indonesia selaku pemegang merk SYM dan SM Sport di Indonesia. Mata terbelalak melihat desain Classic dengan sentuhan modern, lihat desain lampu bulet yang LED dan asiknya itu loch… sok depan pakai tipa Upside Down.

Pemain motor Super Cub di Indonesia tidak banyak karena memang pasar ini menargetkan untuk kelas pehobi, desain unik klasik selain ada Honda Super Cub C125 yang dibanderol oleh pabrikan asal Jepang dengan harga Rp 72 jutaan, ternyata ada motor Super Cub yang jauh lebih murah berkali-kali lipat. Yap… SM Classic yang dipasarkan oleh PT MForce Indonesia selaku pemegang APM SYM dan SM Sport di Indonesia hanya dibanderol Rp 20,8jutaan saja. Soal desain?, ajiiiib asiknya.

Sebelumnya, produk ini sudah diperkenalkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Desain yang unik cantik ini memang sangat menggoda dengan desainn lampu depan yang bulet sudah LED kemudian keunikan lainnya adanya Dayteime Running Light (DRL) di sekeliling lampu utama dan  di samping kanan dan kirinya. Motor ini juga sudah dibekali dengan belakang LED.

 

Tergoda ketika melihat suspensi depan yang sudah USD (upside down), kemudain desain velg jari-jari bergaya retro, total jari-jarinya ada 72 pcs, dan uniknya lagi meski motor bergaya klasik tapi sudah bergaya fitur modern karena tersedia juga port USB untuk cas HP. Speedometernya masih analog yang masih menggunakan jarum untuk petunjuk kecepatan dan takaran bahan bakar, kemudian untuk penghitung jarak menggunakan angka.

 

 

SM Classic berkubikasi 109,2cc, satu silinder 4-langkah, masih memakai pengabutan Karburator dengan spesifikasi bore 50mm dan stroke 55,6mm, sedangkan kompresinya 8,8:1. Mesin teknologi ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 6,9 ps pada 7.500 rpm dan torsi 8 Nm di putaran 5.500 rpm. Keseluruhan tenaga disalurkan ke roda melalui sistem transmisi manual 4-percepatan. SM Classic diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit, mencapai 1,6 liter untuk 100 km.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

ARIPITSTOP
aripitstop.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 26/10/2016 08:33

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter