logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 27 Dec 2016 | 14:05

Sekarang Bikin SIM Semakin Dipermudah Tak Perlu Lagi Pulang Kampung

Penulis : Ari Pit Stop
img1

img1

ARIPITSTOP

Belum lama ini polisi sudah memberikan fasilitas permudah perpanjang SIM dengan sistem online, asalkan sudah e-KTP maka perpanjang SIM bisa dilakukan di samsat mana saja. Dan sekarang bukan hanya perpanjang namun pelayanan pembuatan SIM juga bisa dimana saja tidak harus sesuai domisili yang tertera dialamat KTP. 

Dilansir oleh Tribaratanews, perpanjang maupun pembuataan SIM sudah bisa dilakukan dimana saja tanpa harus sesuai alamat di KTP.

“Misal warga Kabupaten Banyuasin bisa mendaftar dan mengajukan pembuatan SIM baru di Satpas Polresta Palembang. Asal pemohon sudah terdaftar di e-KTP. Begitu juga untuk perpanjangan,” ungkap Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Haris Brata, seperti dikutip tribratanews, Jumat (23/12/2016).

Seluruh pemohon, baik dari Sumsel maupun luar Sumsel yang sudah ada e-KTP, bisa melakukan pembuatan SIM dan perpanjangan di Satpas yang sudah online.

“Beda dengan Ampera, itu inovasi dari Polresta Palembang. Namun SIM online ini untuk seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Kalau sampeyan mau membuat SIM, tinggal datang dan menunjukan e-KTP, lalu persyaratan yang lain seperti pas foto 3×4 sebanyak dua lembar, mengikuti cek kesehatan, dan membayar di bank.

“Untuk mobil Rp 120 ribu. Sedangkan untuk motor Rp 100 ribu. Pemohon lalu tinggal mengikuti tes teori dan pratek,” katanya.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

ARIPITSTOP
aripitstop.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 26/10/2016 08:33

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter